Minggu, 27 Januari 2013

Tutorial Membuat Objek



Pada pertemuan praktikum Grafik Komputer kali ini objek yang dibuat adalah sebuah kursi dengan meja yang biasa kita temukan dalam ruangan kantor. 
Langkah pertama yang kita buat adalah sebuah objek Cube atau biasa disebut kubus. Lalu kita resize ukuran kubus tersebut menjadi kubus pipih yang berbentuk seperti sebuah papan tebal. Pada langkah ini kita menggunakan perintah resize dengan menekan tombol “S” pada keyboard. Selanjutnya kita atur dengan menggunakan mouse, dengan mengarahkan sesuai dengan yang kita inginkan.
Langkah selanjutnya kita potong-potong bagian papan tersebut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan perintah scale, dengan mengunakan tombol “Ctrl+R” pada keyboard.
Langkah selanjutnya kita membuat kaki meja tersebut berjumlah empat, dengan menggunakan perintah extrude, dengan menekan tombol “E” yang sebelumnya kita pilih terlebih dahulu objek mana yang akan kita timbulkan.
Langkah selanjutnya kita bentuk meja dan kursi tersebut menjadi sebuah benda yang bentuk dan konturnya solid, seperti meja dan kursi pada dasarnya. Kali ini kita menggunakan fungsi “Ctrl+R”, yang sebelumnya kita edit pada perintah Edit Mode dengan memilih Add Modifier pada bagian kanan jendela program blender. Lalu kita pilih pilihan Subdivision Surface agar bentuk dari kursi dan meja itu solid seperti bentuk aslinya. Setelah itu kita rapikan semua sisi dari kursi dan meja tersebut dengan perintah “Ctrl+R” tadi dan memainkan klik kiri pada mouse.

Tidak ada komentar: