Pada
pertemuan praktikum Grafik Komputer kali ini objek yang dibuat adalah sebuah
kursi dengan meja yang biasa kita temukan dalam ruangan kantor.
Langkah pertama yang kita buat adalah
sebuah objek Cube atau biasa disebut kubus. Lalu kita resize ukuran kubus
tersebut menjadi kubus pipih yang berbentuk seperti sebuah papan tebal. Pada
langkah ini kita menggunakan perintah resize dengan menekan tombol “S” pada
keyboard. Selanjutnya kita atur dengan menggunakan mouse, dengan mengarahkan
sesuai dengan yang kita inginkan.
Langkah selanjutnya kita potong-potong
bagian papan tersebut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan perintah
scale, dengan mengunakan tombol “Ctrl+R” pada keyboard.
Langkah selanjutnya kita membuat kaki meja
tersebut berjumlah empat, dengan menggunakan perintah extrude, dengan menekan
tombol “E” yang sebelumnya kita pilih terlebih dahulu objek mana yang akan kita
timbulkan.
Langkah selanjutnya kita bentuk meja dan
kursi tersebut menjadi sebuah benda yang bentuk dan konturnya solid, seperti
meja dan kursi pada dasarnya. Kali ini kita menggunakan fungsi “Ctrl+R”, yang
sebelumnya kita edit pada perintah Edit Mode dengan memilih Add Modifier pada
bagian kanan jendela program blender. Lalu kita pilih pilihan Subdivision
Surface agar bentuk dari kursi dan meja itu solid seperti bentuk aslinya.
Setelah itu kita rapikan semua sisi dari kursi dan meja tersebut dengan
perintah “Ctrl+R” tadi dan memainkan klik kiri pada mouse.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar