Pada praktikum
Grafkom ini, saya akan menjelaskan proses pembuatan sebuah animasi menggunakan
software blender. Pada kali ini, saya akan membuat sebuah objek bendera yang
berkibar. Awal mula kita menambahkan sebuah mesh plane yang digunakan sebagai
bendera. Kemudian kita bisa melakukan rotasi sehingga tampilan mesh 90”. Lalu
gunakan shortcut scale agar kita bisa membentuk sebuah persegi panjang sebagai
bentuk sebuah bendera.
Kemudian kita
masuk dalam edit mode. Setelah masuk dalam edit mode, kita bagi plane tersebut
menjadi beberapa face dengan menggunakan shortcut ctrl-R, lalu pilih 3 titik
pada bagian kiri untuk dijadikan titik pengikat bendera tersebut. Kemudian kita
pilih object data pada bagian kanan atas, lalu pilih vertex groups dan
tambahkan vertex groups tersebut kemudian beri nama ikat1 kemudian assign. Maka
3 titik tersebut sudah terikat agar tidak terbang ketika diberi angin.
Selanjutnya kita beri warna pada plane tersebut. Karena plane tadi sudah dibagi
menjadi beberapa bagian face, maka dapat mempermudah kita untuk memberikan
warna ( material ).
Kemudian setelah diberi warna, kita bisa menambahkan sebuah tiang sebagai
penyangga bendera. Kemudian setelah membuat tiang, kita ulangi kegiatan seperti
pada pengikat bendera karena bertujuan untuk mengikat tiang tersebut agar tidak
ikut terbang ketika diberi angin. Lalu kita tambahkan force field berupa angin
untuk memberikan efek angin pada bendera, sehingga bendera bisa berkibar. Ubah
strange-nya untuk memberikan kekuatan angin guna mengibarkan bendera. Kemudian
untuk melihat apakah pemberian animasi sudah berfungsi, kita bisa memencet
tombol play pada bagian bawah. Berikut adalah tutorial yang saya buat untuk
menjelaskan proses pembuatan animasi berupa kibaran bendera.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar