Minggu, 27 Januari 2013

Tutorial Pembuatan Animasi



Pada praktikum Grafkom ini, saya akan menjelaskan proses pembuatan sebuah animasi menggunakan software blender. Pada kali ini, saya akan membuat sebuah objek bendera yang berkibar. Awal mula kita menambahkan sebuah mesh plane yang digunakan sebagai bendera. Kemudian kita bisa melakukan rotasi sehingga tampilan mesh 90”. Lalu gunakan shortcut scale agar kita bisa membentuk sebuah persegi panjang sebagai bentuk sebuah bendera.
Kemudian kita masuk dalam edit mode. Setelah masuk dalam edit mode, kita bagi plane tersebut menjadi beberapa face dengan menggunakan shortcut ctrl-R, lalu pilih 3 titik pada bagian kiri untuk dijadikan titik pengikat bendera tersebut. Kemudian kita pilih object data pada bagian kanan atas, lalu pilih vertex groups dan tambahkan vertex groups tersebut kemudian beri nama ikat1 kemudian assign. Maka 3 titik tersebut sudah terikat agar tidak terbang ketika diberi angin. Selanjutnya kita beri warna pada plane tersebut. Karena plane tadi sudah dibagi menjadi beberapa bagian face, maka dapat mempermudah kita untuk memberikan warna ( material ).
Kemudian setelah diberi warna, kita bisa menambahkan sebuah tiang sebagai penyangga bendera. Kemudian setelah membuat tiang, kita ulangi kegiatan seperti pada pengikat bendera karena bertujuan untuk mengikat tiang tersebut agar tidak ikut terbang ketika diberi angin. Lalu kita tambahkan force field berupa angin untuk memberikan efek angin pada bendera, sehingga bendera bisa berkibar. Ubah strange-nya untuk memberikan kekuatan angin guna mengibarkan bendera. Kemudian untuk melihat apakah pemberian animasi sudah berfungsi, kita bisa memencet tombol play pada bagian bawah. Berikut adalah tutorial yang saya buat untuk menjelaskan proses pembuatan animasi berupa kibaran bendera.

Tidak ada komentar: